ResKing

Informasi dan Edukasi

Sekolah di Purwakarta Disiapkan Jadi SSN


Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sedang mempersiapkan beberapa sekolah di wilayah itu untuk menjadi sekolah standar nasional (SSN).
"Ada sembilan sekolah baik SMA maupun SMK yang sedang dipersiapkan menjadi SSN, dan diharapkan terealisasi satu atau dua tahun kedepan," ujar Kepala Bidang Pendidikan menengah Dispora Kabupaten Purwakarta, Zainurrijal, Kamis di Purwakarta.
Ia menjelaskan, dari kesembilan sekolah tersebut masing-masing empat SMK dan dan lima SMA negeri dan swasta.
Dikemukakannya bahwa sekolah-sekolah tersebut kini sedang mendapat pembinaan untuk memenuhi persyaratan menjadi SSN, yakni ketersediaan guru berkualitas,daya dukung penyelenggaraan pendidikan dan kemampuan kerjasama dengan pihak ketiga.
"Kerja sama dengan pihak ketiga merupakan syarat yang harus dipenuhi, di mana sekolah harus bisa kerja sama dengan perusahaan swasta, misalnya, dalam mengembangkan pendidikan," katanya menambahkan.
Program SSN, kata dia, pada intinya merupakan terobosan pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas sekolah, dan mutu pendidikan, baik sekolah negeri maupun swasta.
Di Purwakarta, kata Rijal, sekarang ini terdapat tiga sekolah sebagai rintisan sekolah berbasis internasional (RSBI) yakni SMAN 1,SMPN 1 dan SDN Cibening, Purwakarta. "Ke depan, sekolah-sekolah yang sedang dipersiapkan menjadi SSN, meningkat menjadi RSBI," katanya.
Rijal juga memaparkan bahwa pihaknya tengah memacu sekolah-sekolah (SMA dan SMK) untuk mengembangkan pendidikan kewirausahaan.
Murid SMK jurusan perdagangan misalnya, diarahkan untuk berpraktik berjualan di pasar. "Dengan cara ini anak-anak diharapkan mampu mengembangkan potensi berbekal dari sekolah," demikian Zainurrijal.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sekolah di Purwakarta Disiapkan Jadi SSN"

 
Copyright © 2015 ResKing - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top